8 Peninggalan Kerajaan Banten, berasal dari Danau, Meriam, hingga Keraton

Di Indonesia terdapat banyak peninggalan peristiwa yang masih dijaga hingga kala ini, salah satunya adalah peninggalan Kerajaan Banten yang merupakan kerajaan Islam di Pulau Jawa yang dulu menjadi penguasa dalam perdagangan dan pelayaran.

www.mengulikbanten.com

Pendiri Kerajaan Banten adalah Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati terhadap abad ke-16, tetapi Sunan Gunung Jati tidak dulu menjadi raja terhadap kerajaan yang didirikannya sendiri tersebut.

Berikut ini adalah sejumlah peninggalan kerajaan banten seperti yang dikutip dari Kompas.com.

  1. Danau Tasikardi

Danau yang dilapisi bersama keramik dan batu bara, yang dibuat terhadap masa pemerintahan Sultan maulana Yusuf.

  1. Vihara Avalokitesvara

Dibangun terhadap tahun 1542, letak vihara ini dekat bersama Masjid Agung Banten. Pada tahun 1774, vihara dipindahkan ke kawasan Pamarica hingga kala ini.

  1. Masjid Agung Banten

Ternyata masjid yang satu ini di bangun terhadap masa pemerintahan Sultan Maulana Hassanuddin, yaitu terhadap 1552-1579.

Ciri khusus masjid ini adalah punyai menara layaknya mercusuar bersama bangunan atap bertumpuk layaknya Pagoda Cina, di dalamnya juga terdapat makam sultan dan keluarga sultan.

  1. Kerkhof

Tempat untuk bersemayam bagi orang-orang Eropa yang sudah meninggal, apabila Belanda, Perancis, Inggris, dan lainnya. Terdapat 50 makam bersama berbagai ukuran dan tempat.

  1. Benteng Speelwijk

Didirikan terhadap tahun 1682 yang dibangun terhadap kepemimpinan Sultan Abu Nasr Abdul Kahhar atau Sultan Haji. dijadikan sebagai lambang kekuasaan Belanda.

Benteng ini diperkirakan sebagai area pemukiman dan pertahanan Belanda.

  1. Meriam Ki Amuk

Dengan panjang 341 cm, diameter belakang 66 cm, diameter mulut 60 cm, dan bagian dalam 32 cm, marian ini diperkirakan dibuat terhadap pertengahan abad ke-17.

Meriam yang dikenal punyai energi tembakan jauh dan ledakan yang besar ini, terdapat di Benteng Speelwijk.

  1. Keraton Surosowan

Didirikan lebih kurang abad ke-17 dan diperkirakan bangunan berikut didirikan terhadap masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin.

Keraton ini sempat mengalami penghancuran lebih dari satu kali.

  1. Keraton Kaibon

Dibangun terhadap tahun 1815 untuk ibunda sultan dan merupakan bekas kediaman Sultan Syafiuddin, salah satu Sultan Banten.

Nah itu lah 8 Peninggalan Kerajaan Banten, berasal dari Danau, Meriam, hingga Keraton, semoga penjelasan di atas menambah wawasan dan ilmu kami bersama, menerima kasih